Sepele Menumbuhkan Semangat








Nama saya Vivi. Awal bergabung di Relawan Nusantara tahun lalu 2017. Saya akan bercerita secuil awal mula bergabung dengan Relawan Nusantara. Berawal dari instagram, saya menjadi ingin berkecimpung dalam dunia kerelawanan, entah sekecil apapun itu intinya saya malu jika menjadi orang yang tidak bermanfaat bagi orang lain. @uncle_teebob akun instagram yang telah menginspirasi saya, bahkan sangat menginspirasi saya, beliau sangat luar biasa meskipun keadaan dirinya sudah terdiagnosa penyakit serius tapi masih dengan senang hati membantu orang lain. Dari sanalah saya malu pada diri sendiri, sangat malu. Hingga akhirnya Allah mempermudah saya bergabung di Relawan Nusantara untuk menutupi rasa malu ini.

Di sinilah saya sekarang menjadi anggota Relawan Nusantara Jember. Pengalaman demi pengalaman saya dapatkan, tidak hanya pengalaman tapi juga pelajaran bagaimana menghargai sekecil apapun yang kita punya. Ilmu bersyukur yang paling banyak saya dapatkan, teriris rasanya hati ini jika mengingat seringkali membuang makanan, mencaci makanan, dan bahkan mengeluhkan keadaan. Karna ternyata yang saya caci, yang saya keluhkan terkadang orang lainlah yang sangat menginginkan itu, tapi susah ia capai. Sedangkan saya menyianyiakannya. Astagfirullah.

Semakin lama hati yang beku ini mampu cair hingga akhirnya ketagihan dengan program-program Relawan Nusantara, meskipun ada beberapa program yang tidak saya ikuti. Namun ada rasa senang karna teman-teman relawan yang lain sudah mewakili memberikan kenangan yang bermanfaat untuk mereka di luar sana yang membutuhkan. Sibuk kuliah bukan alasan kita tidak bisa bermanfaat buat orang lain, justru terkadang Allah lebih mempermudah urusanmu jika membantu oranglain. Memang tujuan kita merantau kesini untuk kuliah tapi bukankah kita selalu dipesankan oleh orang tua kita untuk selalu mengedepankan Allah. Nahh... ini lah salah satunya yaitu membantu orang lain yang lebih membutuhkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah yang sudah memberikan kita nikmat. Tapi jangan lupa kewajiban sebagai mahasiswa juga karna tujuan utama memang untuk kuliah dan segera lulus hehe.

Banyak teman baru adalah nilai plus yang saya dapatkan selama menjadi anggota RN karena banyak sekali orang-orang hebat disini yang lebih banyak pengalamannya.Jika ditanya hal apa yang diinginkan selama menjadi anggota Relawan Nusantara hanya satu yaitu tetap istiqamah, tetap menjadi relawan yang hanya mengharapkan keridhaan Allah hingga akhirnya Allah lah yang mengharuskan untuk berhenti, bukan karena ego.

Allah saja tidak ada cepek-capeknya memberikan kita nikmat.
Tak malukah kita hanya membantu orang lain sudah merasa capek.

Komentar