“ Ini bukan tentang waktu, bukan tentang uang, tapi ini tentang kami Relawan yang ingin menjadi Profesional”



Jember.  Pradiksar Calon Relawan RZ Jember yang dilaksanakan pada tanggal 22 November 2014 di daerah gumuk kerang ini diikuti oleh 20 Calon Relawan dan 12 Relawan inti. Pradiksar merupakan salah satu kegiatan wajib untuk calon relawan RZ sebagai pembekalan sebelum mengikuti DIKSAR JATIM XIV yang akan dilaksanakan bulan Desember 2014 mendatang di Kediri.
Acara Pradiksar ini dimulai sejak pukul 05.00 hingga pukul 17.00 WIB. Sebelum menuju gumuk kerang, peserta pradiksar terlebih dahulu dibekali materi Navigasi Darat (NAVRAD) oleh Muhammad Efendy sebagai relawan inti. Dengan berbekal kompas, peta lokasi dan bendera RZ, mereka berjalan mencari lokasi pradiksar dengan berkelompok. Peserta membutuhkan waktu setengah jam untuk mencapai lokasi. Namun ada 1 kelompok yang membutuhkan waktu 3,5 jam untuk mencapai lokasi karena salah membaca peta lokasi. “kita salah baca peta..maklum baru pertama kali baca peta dan belajar pake kompas..tapi gara-gara nyasar jadi paham.hehe” ujar era salah satu calon relawan.
Setibanya dilokasi, peserta dibekali materi PPGD, RJP dan Keselamatan Diri sendiri oleh Rendy Febriyan (Relawan Inti). Dalam waktu 2.5 jam peserta diberi materi sekaligus simulasi dan praktek pemberian pertolongan pertama gawat darurat. Peserta juga dibekali materi manajemen perbekalan dan perjalanan, pioneering, membuat bivak oleh Muhammad Efendy. Selain itu, Materi lainnya yang sangat penting yaitu Survival dan Tanggap Darurat Bencana (TDB) juga telah diberikan oleh pak lukman dari BPBD Jember. “ kalian relawan harus paham materi ini karena akan sangat membantu terutama saat terjadi bencana, atau saat berada di alam sehingga bisa membantu sesama” ujar pak lukman saat memberi materi survival dan TDB.
Selain materi, pradiksar juga melatih fisik peserta dan panitia. Mereka harus naik turun bukit gumuk kerang minimal 4 kali. Push up, sit up, squat jump minimal 40 kali, “kita juga melatih fisik, baik peserta dan panitia, bukan hanya naik turun bukit tapi push up, sit up dan squat jump berkali-kali” ujar sujay ketupel pradiksar.
Ini semua bukan tentang kita yang keren, bukan tentang kita yang sibuk, tapi ini wujud komitmen kita untuk menjadi relawan sejati. Saat fisik kami kuat, paham ilmunya maka untuk membantu sesama akan semakin mudah. Karena kita adalah Relawan yang TANGGUH dan PROFESIONAL. #RelawanRZ
   
“Barangsiapa yang mengerjakan amal shalih, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An-Nahl [16] : 97)


  • Foto Kegiatan

















By nufit_Smart



Komentar

Posting Komentar