MENYIKAPI BENCANA DI LINGKUNGAN SEKITAR SEJAK DINI




Sekolah Siaga Bencana atau lebih akrab disebut SSB merupakan program baru Relawan RZ yang dilaksanakan rutin setiap bulan di seluruh Indonesia. Program ini merupakan salah satu upaya Relawan RZ untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya siaga terhadap bencana sejak dini. Sekolah Siaga Bencana perdana telah sukses dilaksanakan pada hari Sabtu 14 Maret 2015 oleh Relawan RZ Jember yang bertempat di SMP Negeri Gunung Malang, desa Gunung Malang, kec. Sumber Jambe, Jember (lereng gunung Raung).



          Pukul 06.00 WIB, Relawan RZ Jember berkumpul di Beskem Relawan dan menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk sampai di lokasi SSB yang terletak di lereng gunung Raung. SSB yang diikuti oleh 14 Relawan RZ Jember dan 59 siswa siswi SMP Negeri Gunung Malang ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Acara ini dimulai dengan pembukaan yang terdiri dari tilawah dan sambutan dari Koordinator Relawan kemudian hiburan atau games yang dipandu oleh Rendy dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Om Lukman dari team JDR (Jember Disaster Respon). Materi yang disampaikan meliputi tanda-tanda terjadinya bencana gunung meletus karena daerah tersebut memiliki potensi terkena bencana tersebut, kemudian cara menyelamatkan diri dan cara evakuasi korban. Disetiap penyampain materi selalu diikuti oleh praktek yang sebelumnya dicontohkan terlebih dahulu oleh Relawan RZ Jember dan JDR sehingga lebih mudah dipahami. Setelah materi selesai, adik-adik diajak untuk mensimulasikan bencana gunung meletus didampingi Relawan RZ Jember dan Tema JDR. Ada yang menjadi korban terluka dan meninggal, tim evakuasi, hingga penduduk yang kebingungan untuk menyelamatkan diri.


                Harapannya kegiatan ini dapat terus dilanjutkan agar semakin banyak masyarakat yang paham pentingnya pemahaman terhadap bencana sejak dini. Karena Indonesia adalah negara yang memiliki potensi besar terjadinya bencana alam, sehingga bukan hanya solusi setelah bencana terjadi yang harus ditingkatkan namun bagaimana persiapan masyarakat sebelum bencana itu datang.  
Terimakasih untuk semua Relawan RZ Jember dan team JDR yg telah membantu mensukseskan acara ini. Semoga dapat terus berkiprah dan semangat untuk membahagiakan umat.  Allahu Akbar!!

Komentar