EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN NUSANTARA “BERBAGI INSPIRASI, UNTUK INDONESIA”

EKSPEDISI BHAKTI RELAWAN NUSANTARA “BERBAGI INSPIRASI, UNTUK INDONESIA”

Situbondo. Relawan RZ cabang jember yang berjumlah 30 orang mengadakan ekspedisi bhakti relawan nusantara di desa terpencil desa curah cotok kabupaten situbondo. Ekspedisi ini dilaksanakan selama 4 hari tepatnya tanggal 25-28 Mei 2014. Tim Ekspedisi ini bertolak dari jember tanggal 25 mei tepatnya jam 06.45 WIB.
Membutuhkan waktu 2 jam untuk mencapai lokasi ekspedisi. Setelah melewati jalanan panjang dan panas karena situbondo merupakan daerah yang cukup gersang dan kering, relawan RZ jember dengan menggunakan sepeda motor dan membawa semua perlengkapan ber sama ARINA (ambulance ringankan duka) akhirnya tim ekspedisi tiba dilokasi pukul 08.45 WIB.
Relawan RZ mengisi hari pertama dengan sinergi bersama CSF dalam aksi “Siaga Sehat dan peresmian saung merokok dalam hari tanpa tembakau sedunia“.Bersama dokter, relawan medis dan relawan obat , serta  Relawan RZ Jember acara siaga sehat berupa pengobatan gratis ini dapat berjalan lancar. Disertai pembagian stiker dan sosialisasi untuk tidak merokok di dalam rumah kepada warga yang merokok. Sekaligus peresmian saung merokok. “ sekarang susah mengajak orang untuk tidak merokok, yang bisa cuma meminimalisir perokok pasif biar tidak terkena bahayanya, salah satunya dengan program saung merokok ini “ ujar achmad buchori selaku CSF jember.
Selain siaga sehat dan saung merokok, tim relawan RZ juga mengadakan berbagai serangkaian acara yakni Relawan mengajar dengan berkreasi , lomba-lomba. Lomba-lomba yang diadakan yaitu diantaranya lomba kelereng, lomba ambil koin dan lomba memindahkan air yang diikuti anak-anak Dusun Curah Cotok dilaksanakan pada Minggu pukul 14.00-17.00. kemudian pukul 18.00-19.00 dilanjutkan relawan mengajar ngaji di Musalla-musalla sekitar yang akan dilakukan sampai hari Selasa. Dilanjutkan lomba adzan untuk anak-anak untuk membentuk generasi-generasi muda yang unggul di Dusun Curah Cotok.
Senin 27 Mei 2014 pukul 08.45-11.00 Kegiatan Relawan Mengajar di SD 3 Curah Cotok. Kegiatannya diisi dengan permainan bersama, mengenalkan sejarah Indonesia, dan mengenalkan beberapa Negara Asing didunia serta mengenalkan berbagai macam profesi. Sehingga  melatih mereka untuk bermimpi yang tinggi dan mempunyai semangat untuk meraihnya. Kemudian pukul 14.00 relawan mengajarkan kreativitas kepada anak-anak dusun Curah cotok berupa keterampilan membuat figura foto dengan bahan kardus bekas dan pelepah pohon pisang. Pukul 16.00 relawan bersama perangkat Desa mengadakan lomba tarik tambang dan menyambung tali  untuk warga. Pukul 19.00-21.00 Relawn bersinergi dengan Karang Taruna Desa mengadakan lomba Tartil dan nonton bareng di Balai Desa.
Selasa, 28 Mei 2014 pukul 06.00 Relawan bersama dengan Karang Taruna mengajak warga untuk senam bersama. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi  tentang pengelolaan air dan Sanitasi kepada warga. Tujuannya agar warga mengenal bagaimana cara membuat pengelolaan dan sanitasi sehingga harapannya warga dapat hidup lebih bersih dan sehat. Kemudian malamnya dilanjutkan dengan perkemahan yang diikuti oleh anak-anak dusun Curah Cotok sekitar 50an anak. Kegiatan perkemahan ini meliputi  malam api Unggun dan pentas seni untuk mengasah kreativitas dan keberanian anak. Relawan RZ Jember akan terus berbagi mengukir senyum umat. Tetap Semangat Bahagiakan Umat !
#RRZ JemBERAKSI
By : nufit_Smart














Komentar